Sunday, May 19, 2013

Tiket untuk masuk syurga

Assalamualaikum

وأزلفت الجنة للمتقين غير بعيد“Dan didekatkanlah surga itu kepada orang-orang yang bertakwa pada tempat yang tiada jauh (dari mereka).” (QS Qaf: 31)
Orang-orang bertakwa datang mendekati surga dengan sangat cepat seakan-akan surga yang mendekati mereka. Tapi, semudah apakah mendekati surga itu?
Kalian ingat Abdurahman bin ‘Auf, salah seorang sahabat Nabi yang dikatakan akan masuk surga dengan merangkak, beliau dengan segala pengorbanan dalam perjuangan mendampingi Rasulullah masih harus mendatangi surga dengan merangkak. Ketika dikatakan kepada beliau bahwa beliau harus bersedekah, semakin banyak lagi harta yang beliau sedekahkan.
Bagaimana dengan kita? 
Apa amalan kita yang bisa membuat surga mendekat pada kita?
Sholat? Zakat? Sedekah? Shaum?
Seharusnya surga sudah ada di depan mata kita. Maka teruslah berjuang di jalan-Nya. Segala keletihan yang kita rasakan pada saat kita melakukan ketaatan kepada-Nya akan diganti sebentar lagi dengan segala kenikmatan surga-Nya.
Lalu, kenapa kita harus berhenti melangkah??
Kiamat itu dekat apalagi kematian kita. Jika kita menyadari bahwa setiap langkah-langkah kita di dunia ini akan mendekatkan kita ke surga maka akan terus kita isi langkah-langkah kita dengan kebaikan.
Dosa-dosa yang kita miliki membuat langkah kita terasa berat untuk berbuat kebaikan. Dosa-dosa yang bertumpuk akan semakin menghambat langkah kita untuk beramal sholeh dan pada akhirnya hanya akan semakin menjauhkan diri kita pada surga-Nya. Naudzubillah..
هذا ما توعدون لكل أواب حفيظ
“Inilah yang dijanjikan kepadamu, (yaitu) kepada setiap hamba yang selalu kembali (kepada Allah) lagi memelihara (semua peraturan-peraturan-Nya).” (QS Qaf: 32)
Lalu kepada siapakah surga akan didekatkan??
Pada orang yang kembali pada Allah
Surga akan didekatkan pada mereka yang senantiasa kembali pada Allah. Apapun kondisi mereka. Di saat sulit mereka menerima setiap kondisi mereka dengan ikhlas mengharap keridhoan-Nya, berpantang untuk mengeluh dan terus bertawakkal kepada-Nya
Di saat sehat mereka akan sujud syukur dan melaksanakan amal sholeh.
Di saat sakit mereka akan mengembalikan semua kepada-Nya, berharap segala penyakit yang mereka alami bisa menjadi penggugur dosa-dosa mereka dan mendapat ridho-Nya.
Mereka akan senantiasa berdoa dan memohon kepada-Nya. Selalu berada antara khauf dan raja (antara cemas dan harap). Mereka akan melihat dunia ini sebagai akhirat. Ketika mereka melihat api yang teringat di benak mereka adalah panasnya api neraka. Ketika mereka melihat keindahan dunia mereka akan berpikir betapa surga-Nya akan jauh lebih indah daripada keindahan dunia yang mereka lihat saat ini.
Mereka yang senantiasa memelihara, yaitu memelihara seluruh amal-amalnya, niat-niatnya baik di awal-tengah-akhir, dan menyempurnakan seluruh amal-amalnya.

من خشي الرحمن بالغيب وجاء بقلب منيب
“(Yaitu) orang yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sedang Dia tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertobat,” (QS Qaf: 33)
Surga akan didekatkan pada mereka yang takut pada Allah. Meskipun tidak terlihat tapi ayat-ayat Nya tampak jelas memperlihatkan keberadaan-Nya. Semua yang ada di dunia ini adalah ayat-ayat Nya.
Nabi Muhammad berkata
“Dan seorang yang mengingat Allah dalam kesendiriannya, lalu bercucuranlah air matanya.” (H.R. Bukhari dan Muslim)
Dan mereka akan bertemu Allah pada hari kebangkitan dengan hati yang bertobat, bersih dari segala kelalaian, dan merendahkan diri di hadapan-Nya.
ادخلوها بسلام ذلك يوم الخلود
“masukilah surga itu dengan aman, itulah hari kekekalan.” (QS Qaf: 34)
Mereka terbebas dari siksaan Allah dan malaikat-malaikat Allah akan menyambutnya dengan Salam. Segala kehinaan dan keletihan telah diganti dengan kemuliaan yang kekal. Mereka akan berada di surga selamanya.
لهم ما يشاؤون فيها ولدينا مزيد
“Mereka di dalamnya memperoleh apa yang mereka kehendaki; dan pada sisi Kami ada tambahannya.” (QS Qaf: 35)
Di dalam surga mereka akan mendapat segala yang mereka inginkan. Bertambah setiap hari kenikmatan yang mereka rasakan. Tambahan-tambahan kenikmatan yang tidak pernah mereka duga sebelumnya. Dan mereka akan mendapat kenikmatan tertinggi untuk melihat wajah Allah.
Wallahu’alam..

No comments: